3 Fungsi Saluran Distribusi - Blog Berbagi Cara Dan Tips Wirausaha Dengan Mudah

3 Fungsi Saluran Distribusi

Perlu kamu ketahui bahwa saluran distribusi memiliki fungsi tertentu. Fungsi tersebut menunjukan betapa pentingnya strategi distribusi bagi perusahaan
Strategi Pemasaran, Kewirausahaan, Strategi Tempat Dan Distribusi, Strategi Distribusi, Distribusi, Fungsi Saluran Distribusi

Strategi Tempat Dan Distribusi Yang Selalu Ingin Dicapai Oleh Perusahaan

    Distribusi adalah cara perusahaan menyalurkan produk dan barangnya mulai dari perusahaan sampai ke tangan konsumen akhir melalui berbagai jenis transportasi seperti transportasi udara, transportasi laut atau transportasi darat. Distribusi dapat pula diartikan sebagai cara menentukan metode dan jalur yang akan dipakai dalam menyalurkan produk ke pasar. Pendek jalur atau panjang jalur yang digunakan perlu dipertimbangkan acara matang.
    Strategi distribusi penting dalam upaya perusahaan melayani konsumen tepat waktu dan tepat sasaran. Keterlambatan dalam penyaluran mengakibatkan perusahaan kehilangan waktu, kualitas barang dan diambilnya kesempatan oleh pesaing. Oleh karena itu, perusahaan harus memiliki strategi untuk mencapai target pasar dan menyelenggarakan fungsi distribusi yang berbeda-beda
    Perlu kamu ketahui bahwa saluran distribusi memiliki fungsi tertentu. Fungsi tersebut menunjukan betapa pentingnya strategi distribusi bagi perusahaan. Berikut ini beberapa fungsi saluran distribusi antara lain:

1. Fungsi transaksi

    Fungsi transaksi adalah fungsi yang meliputi bagaimana perusahaan menghubungi dan mengomunikasikan produknya dengan calon konsumen atau pelanggan. Fungsi ini membuat mereka sadar terhadap produk yang telah ada dan menjelaskan kelebihan serta manfaat produk tersebut.

2. Fungsi logistik

    Fungsi logistik merupakan fungsi yang meliputi pengangkutan dan penyortiran barang, termasuk sebagai tempat penyimpanan, pemeliharaan, melindungi barang dan penyaluran barang. Fungsi ini penting agar barang atau produk yang diangkut tiba tepat waktu, tidak rusak dan cepat busuk.

3. Fungsi fasilitas

    Fungsi fasilitas meliputi penelitian dan pembiayaan. Penelitian yakni mengumpulkan informasi-informasi tentang jumlah anggota saluran distribusi dan pelanggan lainnya. Sedangkan pembiayaan adalah memastikan bahwa anggota saluran distribusi tersebut mempunyai uang yang cukup guna memudahkan aliran barang melalui saluran distribusi sampai ke konsumen akhir.
Ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain