Pengertian Strategi Pemasaran - Blog Berbagi Cara Dan Tips Wirausaha Dengan Mudah

Pengertian Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran adalah langkah strategi yang harus dijalankan atau digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu memenangkan persaingan

Strategi Pemasaran

Strategi Pemasaran

    Setelah kamu menentukan segmentasi pasar yang akan dimasuki, pasar sasaran yang telah ditetapkan dan yang terakhir posisi pasar adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang akan dijalankan. Strategi pemasaran ini sangat penting mengingat sebaik apapun segmentasi pasar, pasar sasaran, posisi pasar yang dijalankan tidak akan berjalan dengan baik jika tidak diikuti dengan strategi pemasaran yang tepat. Justru strategi pemasaran merupakan ujung tombak untuk dapat meraih konsumen sebanyak-banyaknya. Di samping itu, tujuan dari strategi pemasaran juga digunakan untuk menjatuhkan, melawan atau menghadapi serangan pesaing yang ada dan yang akan masuk pasar.
    Strategi pemasaran adalah langkah strategi yang harus dijalankan atau digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan yaitu memenangkan persaingan pasar guna mencapai target penjualan maupun mencapai target pelanggan. Terkadang langkah yang harus dihadapi terjal dan berliku-liku, namun ada pula langkah yang relatif mudah untuk dilakukan. Di samping itu, banyak rintangan atau cobaan yang dihadapi untuk mencapai tujuan. Oleh karena itu, setiap langkah harus dijalankan secara hati-hati dan terarah.
    Untuk mencapai tujuan yaitu memenangkan persaingan pasar. Perusahaan juga diperlukan langkah-langkah tertentu. Misalnya, perusahaan yang ingin menjual barang, produk atau jasanya kepada pelanggan memerlukan langkah-langkah yang tepat. Karena di luar perusahaan tersebut sudah banyak pesaing yang menunggu, mulai dari pesaing kecil sampai kelas kakap. Di samping itu, setiap waktu akan terus bermunculan pesaing baru, apalagi jika jenis produk yang ditawarkan memberikan keuntungan yang menggiurkan seperti apabila produk dijual kembali harganya tidak jatuh terlalu dalam. Pesaing-pesaing inilah yang disebut sebagai rintangan atau hambatan suatu perusahaan untuk menjual produknya ke pelanggan.
    Ukuran keberhasilan perusahaan dalam menerapkan strategi pemasaran adalah mampu memberikan kepuasan kepada pelanggan. Semakin banyak pelanggan atau konsumen yang menerima produk dan jasa yang ditawarkan, maka mereka semakin puas, dan ini berarti strategi pemasaran yang dijalankan sudah cukup berhasil dilakukan. Ukuran mampu meraih pelanggan sebanyak mungkin hanya merupakan salah satu ukuran bahwa strategi yang dijalankan sudah cukup baik. Masih ada lagi ukuran lainnya, misalnya tingkat laba yang diperoleh dan ukuran lainnya.
    Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dalam strategi pemasaran untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya mungkin tidak terlepas dari para pesaing dalam pemasaran, pesaing selalu mengancam kita. Perusahaan tidak boleh lengah sedikit pun. Oleh karena itu, strategi untuk menghentikan atau bahkan menghancurkan pesaing dari sisi pasar harus segera dilakukan. Tetapi alangkah baiknya jika persaingan usaha dilakukan secara sehat dengan berkolaborasi tanpa saling menjatuhkan.
    Di samping pesaing yang ada, ancaman dari pesaing baru dengan strategi yang baru juga perlu diantisipasi. Karena setiap waktu selalu berdatangan pesaing baru. Dalam menyusun langkah-langkah awal untuk menyerang pesaing perlu dipertimbangkan beberapa hal, terutama dalam hal kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Kekuatan dan kelemahan perusahaan dilihat dari keuangan, sumber daya manusia, teknologi, jangkauan pemasaran dan sebagainya. Hal yang sama juga perlu dipikirkan jika ada serangan balik dari pesaing.
    Di samping mengukur kekuatan dan kelemahan pesaing, harus dipertimbangkan juga ancaman dan peluang yang ada. Ancaman pesaing terus-menerus menuntut kita untuk selalu waspada, terus berbenah memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau dan meningkatkan kualitas pelayanan agar pelanggan atau konsumen merasakan kepuasan dari pelayanan yang kita berikan. Kemudian, kita juga harus mampu merebut peluang-peluang yang ada serta menciptakan peluang baru sebelum dimasuki oleh para pesaing. beberapa pelaksanaan strategi bauran pemasaran (marketing mix strategy) sebagai berikut:

1. Strategi produk

2. Strategi harga

3. Strategi lokasi dan distribusi

4. Strategi promosi

    Masing-masing dari strategi saling berkaitan satu sama lain. Setiap salah satu strategi yang akan diterapkan harus mempertimbangkan strategi lainnya agar terciptanya kesinambungan. Akan sangat berbahaya jika pelaksanaan strategi tidak dilakukan dengan benar dan tidak saling berkaitan satu sama lain.

Ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain