√ 4 Analisis Kekuatan Dan Kelemahan Pesaing - Toko Pakaian Angga Bekasi √ 4 Analisis Kekuatan Dan Kelemahan Pesaing - Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha - Page Not FoundBlog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha
Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha

Blog berbagi informasi tentang cara dan tips wirausaha dengan mudah

4 Analisis Kekuatan Dan Kelemahan Pesaing

 

4 Analisis Kekuatan dan Kelemahan Pesaing

Pentingkah Mengidentifikasi Kelemahan dan Kekuatan Pesaing?

Sama seperti halnya berperang dalam medan perang, serangan yang kita lancarkan kepada lawan dapat dilakukan setelah kita mengetahui seberapa kekuatan senjata kita dan kelemahan senjata lawan. Disamping itu, serangan harus dilancarkan pada waktu yang tepat. Dengan demikian pula halnya dalam dunia bisnis, sebelum melakukan serangan terhadap pesaing, terlebih dahulu pebisnis harus mengetahui kelemahan dan kekuatan yang dimiliki oleh pesaing. Kekuatan yang dimiliki pesaing harus dipertimbangkan mengingat mereka dapat pula memanfaatkan kekuatan mereka untuk melakukan serangan balik. Oleh sebab itu pentingnya mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing untuk memudahkan pebisnis untuk melakukan serangan balik.

    Identifikasi kekuatan dan kelemahan dapat dilakukan melalui tahapan sebagai berikut:
1. Mencari dan mengumpulkan data tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi dan kinerja pesaing.
2. Mencari tahu kekuatan pesaing dalam segi keuangan, sumber daya manusia (SDM), teknologi serta jangkauan pemasaran.
3. Mencari tahu kelemahan pesaing dalam segi keuangan, sumber daya manusia (SDM), teknologi serta jangkauan pemasaran.
4. Mengetahui market share yang dikuasai pesaing dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan.

    Semua data dan informasi yang dibutuhkan dapat diperoleh melalui riset di lapangan, baik langsung maupun dilakukan oleh penyedia jasa lembaga lain. Informasi tentang data pesaing juga dapat diperoleh dari pelanggan, karyawan atau lembaga lain. Dalam metode pengumpulan data ini dapat dilakukan dengan pengumpulan data primer dan sekunder.
    Setelah mengetahui informasi-informasi tentang kekuatan dan kelemahan pesaing, strategi pebisnis selanjutnya adalah membuat semua daftar kelemahan dan kekuatan masing-masing. informasi mengenai kekuatan dan kelemahan pesaing antara lain dalam bidang keuangan, sumber daya manusia (SDM), teknologi, jangkauan pemasaran, segi keuangan, segi kualitas, segi mutu, segi harga, distribusi barang, maupun promosi yang mereka genjarkan.
    Kita harus melihat dari kelengkapan produk pesaing terdekat kita lalu bandingkan dengan produk yang kita miliki, baik itu dari segi jumlah maupun kualitas produk itu sendiri. Pebisnis yang memiliki produk yang lengkap memiliki kelebihan yang membuatnya lebih unggul di bandingkan bisnis kita, paling tidak untuk sementara waktu. Hal itu memudahkan kita untuk menutupi kelemahan yang kita miliki.
    Jumlah gerai/cabang yang tersebar dimiliki oleh pesaing (jaringan) merupakan salah satu tolak ukur kemampuan pesaing dalam melayani pelanggannya. Semakin dekat pesaing dengan pelanggan, maka semakin berbahaya bagi kita, terutama pada daerah yang strategi. Ini dapat menurunkan omset penjualan.
    Murah atau mahalnya harga yang ditawarkan oleh pesaing merupakan masalah bagi kita. Kita perlu mengapa pesaing berani untuk menawarkan harga yang tertentu murah atau mahal. Dan kita juga perlu tahu seberapa lama penentuan harga yang kompetitif tersebut diberlakukan.
    Dalam hal promosi yang ditawarkan pesaing, misalnya produk murah tapi berkualitas, produk yang multifungsi, keramah-tamahan, kecepatan pelayanan, penawaran obral dan diskon atau kekuatan lainnya yang perlu untuk dianalisis
    Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan sangat dipengaruhi oleh teknologi yang dimiliki oleh pebisnis. Teknologi ini yang menjadikan pihak pesaing semakin unggul apabila kita tidak menyainginya. teknologi seperti pembayaran NFC dengan ponsel akan mempercepat transaksi yang diberikan. Disamping itu kecepatan, teknologi juga memberikan keakuratan tinggi sehingga setiap kesalahan dapat diminimalisir
    Sumber daya manusia yang dimiliki pesaing pun wajib untuk dipertimbangkan. SDM yang berkualitas akan berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan karena ia akan dapat memberikan nilai plus seperti kecepatan, ketepatan, kedisiplinan dan keakuratan pelayanan. Namun jika SDM yang dimiliki tidak berkualitas maka yang terjadi adalah sebaliknya

Semoga yang kami sampaikan dapat membantu dan bermanfaat untuk kamu dapat bersaing secara sehat serta naik tanpa menjatuhkan orang lain, sampai jumpa^^
    
    


Tags : , ,