√ 3 Cara Menentukan Sasaran Pesaing - Toko Pakaian Angga Bekasi √ 3 Cara Menentukan Sasaran Pesaing - Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha - Page Not FoundBlog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha
Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha

Blog berbagi informasi tentang cara dan tips wirausaha dengan mudah

3 Cara Menentukan Sasaran Pesaing

Menyasar target sasaran pesaing

Menyasar Target Sasaran Pesaing

    Sebagaimana yang dapat dijelaskan di awal pesaing terdiri dari dua jenis, yaitu pesaing terdekat dan pesaing jauh. Pesaing terdekat adalah perusahaan yang sama atau perusahaan yang memiliki produk sejenis misalnya bank mandiri, bank bri, bank bni, bank syariah dan bank asing. Sementara itu pesaing jauh adalah perusahaan yang memiliki produk yang mirip. Sebagai contoh pesaing untuk bank adalah lembaga keuangan yang kegiatannya memiliki kesamaan dengan bank seperti asuransi, pos giro, pegadaian, leasing, koperasi simpan pinjam, money changer atau dana pensiun.
    Setelah kita mengetahui pesaing dan market share yang telah dikuasai, kita perlu mengetahui sasaran dari pesaing dan siapa yang menjadi target mereka selanjutnya. Sasaran pesaing antara lain memaksimalkan laba, memperluas market share, meningkatkan mutu produk, meningkatkan kualitas produk atau juga mematikan atau menghambat pesaing lainnya.

1. Jikalau sasaran mereka untuk memaksimalkan laba, kita perlu mengetahui laba jangka pendek atau laba jangka panjang dan apa tindakan selanjutnya yang akan mereka ambil. Sasaran untuk memaksimalkan laba ini dapat dilakukan melalui peningkatan kepuasan konsumen dengan cara antara lain: misalnya melalui pelayanan atau harga yang relatif murah.
2. Jika sasarannya untuk memperbesar pasar, kita perlu mengetahui apakah pertumbuhan market share yang dimiliki cukup besar atau biasanya pertumbuhan market share dapat dilakukan dengan promosi yang cukup gencar dengan diimbangi pembukaan cabang baru yang gencar pula. Untuk dapat meningkatan market share dapat dilakukan dengan cara penurunan harga, mengingat mereka memiliki biaya operasional yang relatif lebih rendah. Hal yang juga perlu diselidiki adalah bahwa peningkatan market share dapat juga dilakukan dengan mengambil market share pesaing lainnya.
3. Peningkatan mutu produk bertujuan untuk menarik pelanggan yang dimiliki pesaing. Peningkatan mutu produk ini dapat dilakukan dengan memberikan berbagai kelebihan, baik dari segi pelayanan ataupun dari kelebihannya misalnya, produk murah tapi berkualitas, bunga yang kompetitif, frekuensi penarikan, jumlah jaringan, mutu produk, teknologi yang dimiliki.

Semoga dapat membantu anda untuk terus berwirausaha, sampai jumpa^^
    

    

Tags : , ,