√ Pengertian Dan 7 Kegiatan Menganalisis Pesaing - Toko Pakaian Angga Bekasi √ Pengertian Dan 7 Kegiatan Menganalisis Pesaing - Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha - Page Not FoundBlog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha
Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha

Blog berbagi informasi tentang cara dan tips wirausaha dengan mudah

Pengertian Dan 7 Kegiatan Menganalisis Pesaing

Analisis pesaing

Apa itu pesaing dan berbahayakah?

    Pesaing adalah suatu perorangan atau sekelompok orang yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Pesaing dapat dikategorikan sebagai pesaing yang kuat dan pesaing yang lemah atau pesaing yang dekat yang memiliki produk yang sama atau memiliki produk yang mirip. Semua jenis pesaing tersebut mampu menggerogoti produk yang kita tawarkan. Dalam dunia persaingan tugas utama dari pengusaha adalah menggaet pelanggan sebanyak mungkin, baik pelanggan yang baru ataupun pelanggan dari produk lain. Dan paling ekstrem adalah bagaimana cara mematikan pesaing baik dengan cara langsung ataupun perlahan-lahan.
    Dalam menjalankan strategi yang kompetitif, seorang pengusaha diharapkan terus-menerus mengetahui dan memantau setiap gerak-gerik pesaingnya. Informasi mengenai kegiatan pesaing saat harus didapatkan dan dianalisis. Informasi ini dapat kita dapatkn dari intelijen pemsaran dan maupun dari sumber informasi lainnya. Tujuannya adalah agar mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing dengan mudah, untuk melakukan berbagai serangan terhadap kelemahan pesaing, serta untuk dapat mengantisipasi dan bertahan jika sewaktu-waktu terjadi serangan balik dari pesaing.
    Hal-hal yang perlu diketahui dari pesaing dan terus menerus kita pantau adalah produk pesaing, mutu, kualitas, harga. Kita bandingkan kelebihan produk yang dimiliki pesaing dan kelemahan yang dimiliki dengan produk kita (compare).
    Setiap pengusaha juga harus mampu menangkap peluang yang ada di pasar sebelum ditangkap pesaing. Seorang pengusaha diharapkan mampu menciptakan peluang-peluang baru. Namun, disamping iu pengusaha juga harus waspada terhadap setiap ancaman yang ada sekarang dan dimasa yang akan datang. Ancaman yang dilakukan pesaing dapat secara langsung menyerang kita atau secara pelan-pelan (bergerilya).
    Hal-hal yang perlu diketahui dari pesaing adalah tentang:
1. Kelengkapan, mutu, model, desain, bentuk produk, kualitas.
2. Harga yang ditawarkan.
3. Saluran distribusi atau lokasi cabang yang dimiliki.
4. Promosi yang dijalankan.
5. Rencana kegiatan pesaing ke depan

    Untuk memantau kegiatan pemasaran pesaing terhadap istilah analisis pesaing. Kegiatan ini meliputi:
1. Mengidentifikasi pesaing.
2. Menentukan sasaran pesaing.
3. Identifikasi strategi pesaing.
4. Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing.
5. Menentukan sasaran pesaing.
6. Identifikasi reaksi pesaing.
7. Strategi menghadapi pesaing.
    
    Dari kegiatan menganalisis pesaing akan dapat diketahui:
1. Siapa pesaing kita.
2. Apa sasaran yang ingin mereka capai.
3. Bagaimana strategi yang mereka lakukan.
4. Apa dan di mana kekuatan dan kelemahan pesaing.
5. Bagaimana pola reaksi mereka.
6. Apa-apa saja yang perlu diserang terlebih dahulu.
7. Bagaimana cara menyerangnya.
8. Pesaing mana yang harus dihindari lebih dahulu.
    Dengan kata lain, analisis pesaing berfungsi untuk membuat gambaran pesaing yang ada sekarang dan dimasa di masa yang akan datang. Untuk lebih jelasnya, gambaran mengenai proses analisis pesaing dapat dilihat dalam skema berikut:
1. Identifikasi pesaing.
2. Menentukan sasaran pesaing.
3. Identifikasi strategi pesaing.
4. Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing.
5. Identifikasi reaksi pesaing.
6. Strategi menghadapi pesaing

"Majulah tanpa menyingkirkan orang lain"

"Naiklah tanpa menjatuhkan orang lain"

"Berbahagialah tanpa menyakiti orang lain"

"Bersyukurlah untuk hari ini dan seterusnya" 

 

Demikian yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat sampai jumpa :)

 

Tags : ,