√ 9 Sikap Dan Perilaku Pengusaha - Toko Pakaian Angga Bekasi √ 9 Sikap Dan Perilaku Pengusaha - Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha - Page Not FoundBlog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha
Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha

Blog berbagi informasi tentang cara dan tips wirausaha dengan mudah

9 Sikap Dan Perilaku Pengusaha

 

Sikap perilaku yang harus dijalankan oleh pengusaha serta karyawan

Sikap Dan Perilaku Wirausaha

    Sikap dan perilaku pengusaha kepada seluruh karyawannya merupakan bagian penting dalam etika wirausaha. Oleh karena itu, dalam praktiknya sikap dan perilaku yang harus ditunjukkan oleh pengusaha dan seluruh karyawan, terutama karyawan cs (costomer service), sales, teller dan satpam harus sesuai dengan etika yang berlaku. Sikap dan tingkah laku menunjukan kepribadian karyawan suatu perusahaan. Sikap dan perilaku ini harus diberikan sama mutunya kepada seluruh pelanggan tanpa pandang bulu.
    Adapun sikap dan perilaku yang harus dijalankan oleh pengusaha dan seluruh karyawan adalah sebagai berikut:

1. Jujur dalam bersikap, berbicara dan bertindak

    Sikap jujur merupakan modal utama seseorang karyawan dalam melayani pelanggan. Kejujuran dalam bersikap, berbicara maupun bertindak. Kejujuran inilah yang akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan atas layanan yang diberikan.

2. Rajin, tepat waktu dan tidak pemalas

    Seseorang karyawan dituntut untuk rajin dan tepat waktu dalam bekerja terutama dalam melayani pelanggan. Disamping itu, karyawann juga dituntut untuk cetakan, terampil, pantang menyerah, selalu ingin tahu, dan tidak mudah putuh asa. Hal yang paling penting adalah hilangkan rasa malas dari diri sendiri dan seluruh karyawan.

3. Selalu murah senyum

    Dalam menghadapi pelanggan atau tamu, seseorang karyawan harus selalu murah senyum, jangan sesekali bersikap murung atau cemberut. Dengan senyum kita mampu meruntuhkan hati pelanggan untuk menyukai produk atau perusahaan kita. Pelanggan biasanya akan tersanjung dengan senyum.

4. Lembah lembut, ramah tamah 

    Dalam  bersikap dan berbicara pada saat melayani pelanggan atau tamu hendaknya dengan suara yang lemah lembut, ramah tamah. Sikap seperti ini dapat menarik perhatian dan minat tamu dan membuat pelanggan nyaman dengan bisnis yang kita jalani dan kembali lagi lain waktu.




5. Sopan santun dan hormat

    Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan hendaknya pengusaha dan karyawan selalu bersikap sopan santun dan hormat kepada pelanggan. Dengan demikin pelanggan juga akan menghormati pelayanan yang diberikan karyawan tersebut.

6. Selalu ceria dan pandai dalam bergaul

    Sikap selalu ceria yang ditunjukkan karyawan dapat memecahkan kekakuan yang ada. Sementara itu, sikap pandai bergaul juga akan menyebabkan pelanggan merasa cepat untuk akrab dan merasa seperti teman lama sehingga segala sesuatu berjalan dengan lancar.

7. Fleksibel dan suka membantu pelanggan 

    Trik menghadapi pelanggan, karyawan harus dapat memberikan pengertian dan mau mengalah kepada pelanggan. Karena segala sesuatu dapat diselesaikan dan selalu ada jalan keluarnya dengan cara yang fleksibel. Tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan asalkan mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku. Karyawan juga diharapkan suka menolong pelanggan yang mengalami kesulitan sampai menemui jalan keluarnya.

8. Serius dan memiliki tanggung jawab

    Dalam melayani pelanggan karyawan harus serius dan sungguh-sungguh. Karyawan harus sabar dan tabah dalam menghadapi pelanggan yang sulit berkomunikasi atau suka ngeyel. Selain serius, karyawan juga harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya sampai pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan.

9. Rasa memiliki yang tinggi

    Seseorang karyawan harus merasa memiliki yang tinggi di tempat mereka bekerja sebagai milik sendiri. Rasa memiliki yang tinggi akan memotivasi karyawan untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Disamping itu, karyawan juga harus memiliki jiwa pengabdian, royal, dan setia terhadap tempat mereka bekerja.

Demikian yang bisa kami sampaikan, terima kasih atas perhatiannya see you again.
    




Tags : , , , , ,