√ 4 Langkah Menganalisis Pesaing - Toko Pakaian Angga Bekasi √ 4 Langkah Menganalisis Pesaing - Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha - Page Not FoundBlog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha
Blog Berbagi Cara dan Tips Wirausaha

Blog berbagi informasi tentang cara dan tips wirausaha dengan mudah

4 Langkah Menganalisis Pesaing

 

Mengidentifikasi pesaing

Analisis Pesaing Guna Mengetahui Kondisi Pesaing

    Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang berwirausaha karena tergiur untung yang besar, sering kali pesaing kita menjadi hambatan untuk mencapai keuntungan. Karena dengan kita menganalisis langkah-langkah pesaing, kita dapat mengetahui jumlah dan jenis pesaing serta kekuatan dan kelemahan yang mereka miliki, perusahaan perlu membuat peta persaingan yang lengkap. Pembuatan peta pesaing yang digunakan untuk melakukan analisis pesaing yang memerlukan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar analisis pesaing tepat sasaran dan tidak salah arah. Langkah-langkah yang pertama yang perlu dilakukan perusahaan adalah dengan identifikasi seluruh pesaing yang ada. Langkah ini perlu dilakukan agar kita mengetahui secara utuh untuk kondisi pesaing kita. Dengan demikian, memudahkan kita untuk menetapkan langkah selanjutnya. Dalam hal ini langkah-langkah menganalisis pesaing meliputi hal-hal berikut.

1. Jenis produk yang ditawarkan

    Terkandang sebuah perusahaan tertentu memiliki produk yang beragam. Tugas perusahaan adalah menganalisis secara tepat, lengkap dan benar produk yang dimiliki oleh pesaing-pesaingnya. Menganalisis siapa pesaing utama yang terdekat serta pesaing lainnya yang juga berpotensi mengancam perusahaan kita sekarang dan di masa depan.

2. Melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing

    Dengan kita melihat besarnya pasar yang dikuasai (market share) pesaing dapat dilakukan melalui segmen pasar yang akan dimasuki. Dalam hal ini kita harus mengestimasi besarnya pasar dan market share masing-masing pesaing. Market share yang harus diketahui adalah untuk masa sekarang dan di masa depan, baik yang dikuasai pesaing maupun secara keseluruhan.

3. Analisis peluang dan ancaman

    Untuk mengestimasi besarnya market share, akan kelihatan peluang yang ada serta ancaman yang mungkin timbul sekarang dan di masa depan. Setiap peluang harus segera terealisasikan dan diusahakan untuk menciptakan peluang-peluang baru yang sebesar-besarnya. Kemungkinan ancaman atau masalah yang timbul pun harus segera diantisipasi sehingga tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.

4. Analisis keunggulan dan kelemahan.

    Dalam mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan berarti memetakan atau mencari tahu keunggulan dan kelemahan yang dimiliki pesaing. Menganalisis keunggulan dan kelemahan pesaing dalam berbagai bidang. Misalnya dalam kelengkapan barang, mutu kemasan, harga, distribusi lokasi serta promosi.
    
Apa artikel gratis kami dapat membantu kamu?

Kami minta tolong dukung kami dengan berbagi artikel ini ke media sosial yang sudah disediakan

Jika kamu merasa kami membantu, harap pertimbangkan untuk berbagi pengalaman kamu dengan orang lain. Kami akan sangat menghargainya, terima kasih telah berkunjung dan jangan sungkan untuk datang kembali. Semoga harimu senantiasa menyenangkan :)

Sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya. Terima kasih atas perhatiannya.

Tags : , , , ,